Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pria hebat Bernama Dr. james a. naismith


                                    Sebuah Patung Perunggu Untuk Menghormati
                            Jasa Dr. James a. Naismith Sebagai Penemu Bola Basket                                                  


Patung Perunggu Tersebut diresmikan hari Sabtu kemarin di Almonte Amerika Serikat pada Tanggal 23 Juli 2011. Untuk membuat patung ini  Dr.J.A.Naismith Foundation mengeluarkan biaya kurang lebih $ 50.000.

Dr. james a. naismith atau lebih dikenal james naismith lahir di Almonte, Canada West kini bagian dari Ontario, 6 November 1861. beliaulah yang mengemukakan permainan bola basket dan orang pertama yang mengenalkan pemakaian helm pada permainan american football
Pada tahun 1891, beliau bekerja sebagai guru Olahraga (physical education) di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts. Suatu saat, dia diajak mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Dari situ dia terinspirasi sebuah permainan saat dia kecil di Ontario. Pada 15 Desember 1891, lahirlah permainan yang dikenal dengan bola Basket. Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui pass (lemparan).
Pada Agustus 1936, saat menghadiri Olimpiade Berlin 1936, ia dinamakan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Terlahir sebagai warga Kanada, ia menjadi warga negara Amerika Serikat pada 4 Mei 1925.
Sayangnya, Orang yang hebat ini harus pergi dan mewariskan permainan bola basket ini pada tanggal 28 November 1939. Tetapi dia tetap ada di hati para pemain Basket sejati.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar